Selasa, 18 Agustus 2009

MERAH PUTIH UPAYA MEMBANGKITKAN SEMANGAT NASIONALISME

merah-putih Sebuah gagasan inovatif di dunia perfiliman Indonesia yang telah berani mengambil tema nasionalisme berlatar belakang tentang perjuangan bangsa Indonesia untuk melawan kolonial. Film ini rencana akan dirilis pada hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2009.

Menurut kabarnya biaya produksi untuk pembuatan film menelan biaya yang tidak tanggung-tanggung sebesar Rp. 60 Milyard, film yang dijadikan tiga seri sebagai trilogi kemerdekaan ujar penulis film Merah Putih Conor Allyn. Menurutnya pembuatan film dengan dana sebesar itu memang masih kalah dibandingkan dengan film-film sekelas Hollywood yang bisa menelan biaya hingga US$ 175 juta. Kalau di Indonesia pembuatan film dengan dana sebesar itu memang terbilang cukup tinggi, sehingga pihaknya menyiasati dengan membuat film menjadi tiga bagian (Trilogi).

Film Merah Putih bisa dijamin memiliki kualitas yang tidak kalah dengan film-film Hollywood, karena pembuatannya menggandeng beberapa pihak yang telah malang melintang menggarap film terkenal, karena pembuatannya film didukung tim dari luar yang terdiri dari ahli special effects dan veteran perfiliman Hollywood seperti koordinator effects khusus dari negara Inggris Adam Howarth, merupakan sosok yang pernah menangani film-film laris seperti Saving Private Ryan dan Blackhawk Down, serta didukung pula koordinator stuntman Rocky Mcdonald yang menangani film Mission Imposible II dan The Quiet American.

Film Merah Putih mengingatkan kita sebuah pesan klasik kolonialisme yang telah memberikan kesan kepedihan, dimana sebuah keluarga di sebuah pedesaan didaerah Sulawesi Utara telah dibantai oleh pasukan kolonial/sekutu. dari beberapa keluarga itu telah dibantai dan jatuh bergelimpangan dan saling memeluk ketika serdadu bersenjata api laras panjang membrondong habis-habisan. Proses pembataian ini sungguh sangat kejam dan keji dengan memperlihatkan kepala dan punggung yang mengeluarkan darah karena penembakan jarak dekat.

Nah disaat kejadian berdarah tersebut, salah seorang anak dari salah satu keluarga yang dibantai telah selamat berlari meloloskan diri, dengan menyimpan rasa dendam yang begitu dalam, dia pergi ke wilayah Jawa dan bergabung dalam sekolah kadet bersama pemuda Indonesia lainnya. Dialah seorang yang bernama Tomas yang diperankan oleh Doni Alamsyah. Film ini mengisahkan tentang multikulturalisme saat para pemuda asal Manado, Jawa, Bali telah bersatu melawan kolonialisme.

Film ini dibintangi sederet aktor dan aktris muda Indonesia diantaranya, Lukman Sardi, Darius Sinathrya, Doni Alamsyah, Teuku Rifnu Wikana, Zumi Zola, Ariqah Hasiholan dan pendatang baru Rahayu Saraswati dan Astri Nurdin.

Menurut Sutradara film Merah Putih Yudi Sugandi, bahwa selama proses pembuatan film tidak ada kendala-kendala yang berarti, kecuali masalah jadwal syuting yang berubah-ubah dikarenakan cuaca yang mendung dan atau hujan, hal ini kebanyakan dikarenakan syuting banyak dilakukan di luar ruangan. Film ini memberikan contoh agar kaum muda memiliki semangat nasionalisme yang tinggi. Lokasi syuting diambil di kota-kota antara lain Bandung, Semarang, Jawa Tengah, Jogja, Bali dan Jakarta

3 komentar:

Anonim mengatakan...

There is a huge variety to choose from if you think links of london outside the box with Non Diamond Wedding Rings. First option to consider is whether you want to links of london bracelet purchase white gold or yellow gold, most women have a preference and you do not want to links of london charms pick the wrong one.The decision about white or yellow gold behind you now you can links of london charms move forward to the determinations about the setting and the jewels to be placed on the hand of your future bride. Does she want to have her birthstone? Find out whichlinks of london watches month she was born in to figure out what stone is hers as each month is a different color.

konsultan pajak mengatakan...

film yang bagus tuch, jadi kepingin nonton..

Rozani mengatakan...

@konsultan pajak, asyik aja nich nikmati

Posting Komentar

KLIK AJA DEH

EIMIMO

CASH111

PAYZA

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons