Sabtu, 03 Oktober 2009

MEMAHAMI ETIKA DI KANTOR

Etika merupakan dasar yang penting didalam pergaulan serta menjadi landasan penting bagi sebuah peradaban yang akan menjadi kesan mendalam dan terpatri terus di benak seseorang. Etika bukan hanya sekedar penampilan fisik, tetapi masih banyak faktor lain yang dapat mendukung seseorang untuk menampilkan sosoknya yang memiliki etika yang tinggi.

Ada perbedaan didalam etika setiap pergaulan, seperti etika di rumah akan pasti berbeda dengan etika dengan para pedagang kaki lima, serta berbeda pula dengan etika di kantor. Untuk etika di kantor memiliki perbedaan yang lebih rumit dari pada etika di rumah maupun etika pedagang kaki lima. salah satu hal yang ingin disampaikan dalam postingan saya adalah etika kantor, dimana etika ini erat kaitannya dengan hubungan antara atasan dan bawahan. Mungkin ada sebuah kantor dimana atasan yang semaunya saja memperlakukan bawahannya, sebaliknya di kantor lainnya, ada bawahan yang masih belum memahami posisinya di mata atasan.Adapula di sisi lain sebuah kantor yang memperlakukan bawahan seperti budak, dan pasti adapula bawahan yang selalu sukanya membuat malu atasan, tetapi kita tidak perlu pusing dengan hal tersebut, karena kebanyakan perusahaan akan melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan. Sekarang bagaimana agar karyawan perusahaan dapat membudayakan atau lebih memahami etika pergaulan di kantor, dengan menampilkan diri sebagai pribadi yang memiliki etika.

Kalau Anda adalah orang yang bekerja kantoran, saya yakin sudah paham sekali mengenai etika, tetapi yang lebih penting adalah kita bisa tetap konsisten menjaga kredibilitasnya dan saling menghargai satu sama lain antar karyawan. Semakin nyaman suasana bekerja di kantor, maka akan tercipta perasaan yang enjoy dalam bekerja, tidak ada tekanan dan lain sebagainya.
Kalau diartikan etika adalah suatu kumpulan pengetahuan mengenai penilaian terhadap perbuatan-perbuatan manusia, bagaimana etika dapat dipahami dengan ukuran-ukuran tentang bergaul, bagaimana menyapa, bagaimana berpakaian, bertutur kata, makan bersama, menerima telepon dan lain sebagainya.

Seperti yang dikatakan Dr.Norman Vincent Peale, jadilah manusia yang percaya diri sendiri dan galakan sifat dinamis yang menaruh keyakinan bahwa Anda memilih pengetahuan dan kemampuan untuk melakukan apa saja yang diperlukan, dan mengerjakan dengan penuh tanggung jawab.

Dengan memiliki kepercayaan diri yang kuat merupakan faktor dominan yang mempengaruhi dengan rekan kerja..Rasa puas dengan kepercayan diri yang kuat berarti memiliki keyakinan diri dan siap untuk segala tugas yang ada, sudah berani memberikan pandangan demi kebenaran dan selalu tegas dalam membuat keputusan.

Sekarang kita memulai untuk mengetahui sedikit  ringkasan tentang bagaimana Etika di Kantor

ETIKA MASUK KANTOR

Seperti biasa yang terjadi setiap hari kerja pada sebuah kantor bank selalu membuka kantor sebelum jam kerja sekitar  jam tujuh pagi dibuka oleh Kepala Operasi yang biasanya datang lebih awal, selanjutnya petugas cleaning service datang untuk membersihkan bagian dalam kantor dan menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan..
Selang beberapa saat kemudian seorang karyawan bernama Anna datang, kemudian seperti biasa pula setiap karyawan yang datang harus melakukan absensi dengan menggunakan finger scan, begitu juga Anna melakukan absensi dan selalu memberikan ucapan selamat pagi, dengan ceria dan ini terjadi secara rutin dan konsisten.
Ilustrasi tersebut menggambarkan bahwa ada sejumlah aturan salam telah dikenal dan sudah melekat menjadi kebiasaan sehari-hari, semua ini untuk memudahkan kita dalam menjalin pergaulan atau hubungan dalam semangat perdamaian di kantor. Dengan mengucapkan salam yang dilakukan yang memang kelihatan sederhana ini akan menjadi pintu pembuka dalam mengawali interaksi dan komunikasi dengan rekan sekantor, hal ini lebih mudah membuka komunikasi apabila lawan bicara kita menunjukan wajah penuh ceria.
pada saat kegiatan rutin kerja dimulai, masing-masing karyawan sudah sibuk dengan pekerjaannya sesuai bidangnya, akan tetapi dengan keadaan situasi tersebut, berilah senyum yang tulus kepada orang yang Anda jumpai, baik kepada  rekan kerja, satpam, driver dan atasan Anda. Hal ini akan menciptakan suasana yang nyaman.

MEMAHAMI DASAR ETIKA PERGAULAN

Setiap hari dalam pergaulan di kantor sudah tak terelakan, karena satu sama lain saling membutuhkan ber interaksi yang didalamnya mencakup komunikasi.Interaksi dan komunikasi akan berjalan dengan baik apabila kedua belah pihak saling menghormati dan mengerti akan hak dan kewajibannya masing-masing, karena etika itu menyangkut moralitas, susila, sosial, agama dan lain sebagainya.
Bagaimana memahami etika pergaulan adalah seperti berikut ini diantaranya :

  1. Bersikap sopan santun dan ramah
  2. Penuh perhatian terhadap orang lain (empaty)
  3. Mampu menjaga perasaan orang lain
  4. Berusaha untuk saling membantu bila melihat teman kerja membutuhkan bantuan
  5. Mampu mengendalikan emosi

ETIKA BERPAKAIAN

Setiap orang selalu menginginkan penampilan yang menarik dan ingin merasa menarik di lihat orang lain, karena penampilan itu merupakan daya tarik setiap orang.Penampilan yang baik tercipta dari pakaian yang dipakai sehari-hari, walaupun didalam kantor hampir semua karyawan perusahaan memakai seragam masing-masing yang telah ditentukan dan sebagai karyawan di kantor tetap harus menjaga citra diri dan wibawa perusahaan sebagai image terhadap orang lain, apalagi kalau perusahaan bergerak di bidang jasa tentu salah satu menjadi hal pokok. Pakaian yang baik dan pas digunakan memberikan kesan anggun dan lebih profesional dan yang perlu kita laksanakan dalan berpakaian kantor adalah disesuaikan dengan jadwal yang sudah ditentukan harinya dalam menggunakan seragam, kalau mungkin warna atau model menurut selera Anda tidak sesuai, karyawan meski tetap harus menggunakannya dan tidak menolak.
Bagaimana cara etika berpakaian di kantor yang perlu diperhatikan adalah :

  1. Gunakan pakaian dengan ukuran yang pas
  2. Biasakan berpakaian rapi dan tidak kedodoran
  3. Jangan merubah model pakaian

ETIKA BERBICARA

Dalam berbicara gunakan bahasa dengan ucapan yang jelas dan gampang dimengerti serta tetap mwenjaga batasan-batasan yang mencerminkan etika dan tidak menimbulkan pembicaraan yang asal saja.Sebagai orang timur sangat menghormati nilai kesopanan.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui ketika berbicara dengan orang lain.

  1. Pada saat berbicara harus menatap lawan bicara
  2. Pada saat berbicara suara harus jelas terdengar
  3. Gunakan bahasa yang baik dan benar
  4. Hindari menggunakan nada suara yang tinggi
  5. Aturlah pembicaraan agar gampang dimengerti
  6. Belajar untuk bisa mengimbangi lawan bicara
  7. Berusaha untuk menyenangkan lawan bicara
  8. Ciptakan selang sekali waktu rasa humor
  9. Mampu untuk memuji lawan bicara Selau berusaha untuk menjadi pendengar yang baik

Sedangkan hal-hal yang harus dihindari ketika berbicara dengan teman kerja

  1. Jangan membicarakan kejelekan orang lain/teman kerja
  2. Pada saat berbicara hindari pembicaraan hal yang sensitif
  3. Jangan memotong pembicaraan orang lain 
  4. Jangan monopoli pembicaraan 
  5. Hindari untuk membicarakan diri sendiri

MENJAGA HUBUNGAN DENGAN TEMAN SEKERJA

Dalam lingkungan kerja, faktor kerja sama merupakan landasan utama agar pekerjaan bisa berhasil dengan baik dan minimal bisa mencapai sesuai yang diinginkan.Sering kita tidak menyadari keberhasilan karir kita sebenarnya akibat dorongan dan peran dari teman kerja, oleh karena itu binalah hubungan dengan kebersamaan dan ciptakan citra yang baik kepada sesama rekan kerja dan tunjukan diri kita adalah bagian tak terpisahkan dari mereka. Dengan memperlakukan kawan sebaik mungkin dengan kesan bahwa dirinya sangat berarti bagi kita akan membawa hasil yang lebih baik dalam membina kelanjutan hubunga teman sekerja.
Kalau kita secara konsisten bisa membangun saluran komunikasi yang efektif dan efisien yang dapat menjadi wadah bagi semua karyawan untuk mencurahkan aspirasi dan keluh kesahnya, ini akan membawa suatu keberhasilan team kerja semakin lebih berkembang dalam hubungan kerja dan meciptakan iklim kerja yang nyaman dan damai.

Berikut ini kiat yang sederhana agar kita dihormati oleh teman sekerja :

  1. Jadikanlah teman sekerja sebagai mitra kerja, tetapi jangan mengangap teman kerja sebagai pesaing 
  2. Tumbuhkan rasa saling membantu satu sama lain 
  3. Ingatkanlah teman sekerja ketika ada sedikit menyimpang 
  4. Jaga agar tidak terjadi konflik yang berkepanjangan
  5. Biasakan untuk berdiskusi yang bermanfaat 
  6. Jangan menjelekan atau menjatuhkan teman sekerja dihadapan atasan
  7. Hargai setiap teman sekerja sebagai manusia yang bermartabat.

17 komentar:

pelangi anak mengatakan...

Semua etika harus terus dijaga, selain untuk kelangsungan hidup di tempat bekerja juga untuk menambah masa usia kerja. Kelangsungan hidup di tempat kerja yang saya maksud disini adalah kita betah bekerja di tempat tersebut, karena rekan kerja merasa dihormati dan dihargai dengan etika yang kita jaga, sehingga merekapun akan melakukan hal yang serupa terhadap kita.

MINE-BLOG mengatakan...

terima kasih sudah memberikan masukan yang berarti buat khasanah blog ini

Vicky mengatakan...

Hmmm... lengkap banget nih artikelnya...

Memang sudah sewajarnya kita selalu menjaga etika dimanapun kita berada, termasuk di kantor.

Dengan adanya artikel ini, saya memiliki harapan baik bahwa siapapun yang mencari dan membutuhkan informasi tentang "Memahami Etika Di Kantor" dapat terbantukan :)

Tetaplah berbagi sahabat...

Sukses Selalu...

piter m. silitonga,s.si mengatakan...

good post..dulu bangsa kita terkenal dengan bangsa yang beretika..etika dapat dimulai dr lingkungan keluarga. Dengan demikian akan terbawa kemana saja, bukan hanya di tempat kerja, juga dalam pergaulan sehari2. kadang2 banyak orang yang tersinggung karena kekurang etikaan seseorang..
sukses sob

MINE-BLOG mengatakan...

Sering kurang konsisten membuat penerapan untuk membudayakan etika menjadi terhambat, kalau saja tingkat disiplinnya bagus, pasti cikal bakalnya akan menjadi lebih baik,trims

Richa Rie mengatakan...

etika emang penting. met kenal yah..mampir lagi donk hehe

IMAM MAKSUM mengatakan...

bangsa qt emng bangsa yg terkenal dg moralnya,,,
tp monggo,,,jgn kotori bangsa qt ini dg moral yg kaya akan kejahatnnya,jadikan bangsa ini sbg bngsa yg kaya akan mutu jiwa dan raganya khususnya qt sbgai umat islm,tunjukkan yg terbaik kpd bangsa lain bahwa qt ini bisa,bisa menyelesaikan masalh dg hatin nurani,kejujuran selalu menemani,indonesia selalu berdiri,dan qt selalu berdikari.
ayo lanjutkan,lanjutkan,lanjutkan dan lanjutkaaaannnn,,,itulah ungkapan Bpk SBy kepd semua bangsanya.

MINE-BLOG mengatakan...

semangat memang perlu kita tingkatkan agar kita bisa memiliki kemapuan dimata bangsa lain, trims

Bluescreen mengatakan...

mantab Sob , lagi ada knflik di kantor , bisa jadi bahan introspeksi nih

salam

MINE-BLOG mengatakan...

semoga pesoalannya dpt diselesaikan dengan baik

Joker mengatakan...

wah banyak juga yc peraturanya,aku paling benci peraturan dan aku paling suka ngatur2

hahahahaha

:-D

IMAM MAKSUM mengatakan...

Setidaknya kita tahu ke mana kita akan berjalan dan
strategi apa yang harus diambil.

4 Cara Yang Bisa Imam Pakai Untuk Menetapkan
Tujuan Hidup:
slanjutnya silahkan baca di blog aq,
ya dah met baca sob,,,,n sundul iklan ads,sundul balik bos zaaaaa....

heru mengatakan...

nice post sobat, salam sukses selalu

MINE-BLOG mengatakan...

@@heru trims yach

MINE-BLOG mengatakan...

@@joker, yach tuchh aturan di perusahaan memang kadang susah diterima he..he..

Anonim mengatakan...

There is a huge variety to choose from if you think links of london outside the box with Non Diamond Wedding Rings. First option to consider is whether you want to links of london bracelet purchase white gold or yellow gold, most women have a preference and you do not want to links of london charms pick the wrong one.The decision about white or yellow gold behind you now you can links of london charms move forward to the determinations about the setting and the jewels to be placed on the hand of your future bride. Does she want to have her birthstone? Find out whichlinks of london watches month she was born in to figure out what stone is hers as each month is a different color.

Hendra Cahyono mengatakan...

kalau boleh tanyak : pengertian etika kantor itu apa ya ?

Poskan Komentar

KLIK AJA DEH

EIMIMO

CASH111

PAYZA

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons