Sabtu, 22 Agustus 2009

KELEMAHAN KESEHATAN PADA WANITA

Mungkin kita sudah pernah mendengar orang mengatakan bahwa wanita diciptakan Tuhan sebagai mahluk yang lemah, namun sebenarnya bukan demikian yang terjadi.Ini kalau ditilik dari segi medis atau kesehatan tubuh wanita akan mudah diserang berbagai macam penyakit, tetapi memang kenyataan dikarenakan wanita jumlahnya lebih banyak dibanding jumlah pria yang ada didunia.

Dengan alasan tersebut, bagi mereka yang berjenis kelamin wanita perlu memberikan perhatian khusus terhadap kesehatan tubuhnya.Diharapkan agar secara periodik melakukan pemeriksaan kesehatannya.Ada beberapa kelemahan wanita terhadap penyakit yakni antara lain, payudara, usus, pinggang, kandung kemih dan yang terakhir rahim.

Diperkirakan pada wanita yang berusia 16-65 tahun mudah terserang penyakit diantara kelima itu.

  1. PAYUDARA

    Ada mengatakan payudara merupakan lambang kepercayaan diri wanita dan sangat berperan dalam penampilan, bila memiliki payudara yang indah.Wanita dapat menarik perhatian kaum pria, namun payudara merupakan daerah rawan, sensitif dan lemah pada wanita berusia 40-45 tahun, karena mudah dijangkiti penyakit kanker payudara.Bagaimana untuk mengetahui secara dini, dapat dilakukan sendiri dirumah.
    Caranya memeriksa payudara di depan cermin, apakah ada terdapat bintik-bintik yang sebelumnya belum pernah terlihat.Jika ditemukan bintik-bintik tersebut, agar segera pergi ke dokter, karena hanya dokter yang mengetahui secara pasti apakah bintik-bintik itu memenuhi seperempat bagian atas payudara,berarti gejala sudah serius dan diperlukan perawatan khusus.Kebanyakan biasanya dialami oleh wanita yang berusia 40 tahunan yang belum pernah hamil atau pernah hamil namun bayinya cacat dan meninggal didalam kandungan.Akan tetapi ada pula wanita yang peka terhadap kanker payudara dan mudah terserang pada usia 30 tahun.Untuk kelompok ini dianjurkan memeriksakan diri minimal setahun sekali atau melalui pemeriksaan rontgen.


  2. USUS

    Berdasarkan perkiraan bahwa 70% wanita mengalami gangguan pencernaan atau usus.Pemakaian obat pencuci perut yang sering digunakan akan menyebabkan keracunan.Begitu pula obat untuk menguruskan badan.
    Untuk mengatasi kekurangan kalium, gangguan pada fungsi hati dan selaput lendir usus, dapat dilakukan sebagai berikut:

    • Lakukan diet dengan menu makanan khusus selama empat hari berturut-turut,
    • Cara ini bermanfaat bagi yang ingin menurunkan berat badan.
    • Sarapan pagi cukup dengan kentang goreng yang diiris tipis-tipis.
    • Siang atau malam hari makanlah sayuran dan buah-buahan serta selada.
    • Hindarkan makanan yang berlemak, mengurangi garam dan gula.
    • Hasilnya akan tampak setelah melakukan selama empat hari.
    • Diet ini juga dapat mencegah kemungkinan terserang kanker usus
    • Selama diet tidak menggunakan obat pencuci perut.


  3. PINGGANG

    Berjuta-juta wanita di dunia sering mengeluh karena sering terserang sakit pinggang.Nah biasanya rasa sakit menyerang setelah duduk berjam-jam di kursi atau setelah berjam-jam mengenakan sepatu hak tinggi.Bagi wanita yang sering mengalami gangguan ini dianjurkan seperti berikut ini:

    • Untuk melakukan senam ringan atau berdiri sesering mungkin, misalnya berdiri pada ujung kaki, tangan dipingggang selanjutnya merapatkan lutut sebelum melakukan gerakan jongkok dan berdiri berkali-kali.Setelah itu kedua tangan direntangkan, pinggang diputar setengah membungkuk ke kanan dan ke kiri.Gerakan tersebut dilakukan berulang-ulang.Kalau terasa nyeri pada sekitar bahu,misalnya ketika mengambil barang, maka ayunkan tangan ke depan, keatas, dan ke bawah berulang-ulang atau cara lain untuk mengatasinya adalah dengan berenang yang terbaik adalah gaya punggung, hindarkan berenag dengan gaya dada, karena akan membahayakan tulang punggung.
    • Sebaiknya menggunakan sepatu datar atau sepatu untuk ballet.
    • Untuk sementara sebaiknya tifur tidak memakai kasur, agar posisi lurus dapat Anda peroleh selama tidur.
    • Posisi tidur dengan pinggang terjulur lurus akan melenyapkan rasa sakit.


  4. KANDUNG KEMIH

    Kandung kemih wanita secara alamiah mempunyai saluran yang agak pendek dari pada pria.Itulah salah satu sebab sering terjadi penyumbatan atau pembengkakan pada kandung kemih, sehingga bekateri mudah bersarang didalamnya.Jika dibiarkan akan mengakibatkan penyakit ginjal dan biasanya terdapat pada remaja.Bagaimana cara mengatasi adalah berikut ini:

    1. Mandi dan berenang di laut atau berjemur matahari dapat membantu mencegah penyakit tersebut.
    2. Pakailah alas kaki selama berada dirumah dan jangan terlalu lama berada ditempat dingin.
    3. Mandi dengan air hangat juga membantu pencegahan.
    4. Seringlah minum air mineral minimal 3 liter sehari.


  5. RAHIM

Bagian tubuh wanita yang lemah juga terdapat pada bagian rahim atau kandungan.Masalah ini timbul,umumnya akibat penggunaan alat kontra sepsi atau bisa juga karena faktor penyebab lainnya.
Untuk mengatasi hal ini adalah :
  • Biasakan tidur pada malam hari tepat pada waktunya.
  • Tiap pagi Anda catat, apakah tidur Anda benar-benar cukup
  • Amati kebiasaan itu, hentikan memakai berbagai macam tablet.
  • Setiap enam bulan atau minimal satu tahun sekali memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan.
  • Jika Anda memakai pil, maka Anda harus memperhatikan ada perubahan-perubahan atau keluhan-keluhan setelah menggunakannya, misalnya sering terasa sakit, darah tinggi atau berat badan menjadi naik.
  • Jika Anda seorang perokok dan pemakai pil KB yang ber usia diatas 40 tahun, sebaiknya menggunakan spiral yang akan lebih aman.
Semoga bermanfaat

1 komentar:

Anonim mengatakan...

There is a huge variety to choose from if you think links of london outside the box with Non Diamond Wedding Rings. First option to consider is whether you want to links of london bracelet purchase white gold or yellow gold, most women have a preference and you do not want to links of london charms pick the wrong one.The decision about white or yellow gold behind you now you can links of london charms move forward to the determinations about the setting and the jewels to be placed on the hand of your future bride. Does she want to have her birthstone? Find out whichlinks of london watches month she was born in to figure out what stone is hers as each month is a different color.

Posting Komentar

KLIK AJA DEH

EIMIMO

CASH111

PAYZA

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons