Kamis, 20 Agustus 2009

KHASIAT BUAH PETAI

petai Kita pasti sudah mengenal dan tidak asing lagi yang namanya Petai (Pete), buah yang dapat membuat bau mulut dan bau kentut yang sangat tidak sedap. Bahkan keberadaannya kadang diacuhkan, karena dapat mengganggu penciuman bagi yang tidak memakannya, itulah mungkin salah satu alasan kenapa kebanyakan orang menghindari untuk memakan pete, karena selain bau yang kurang sedap, juga menimbulkan polusi udara. Namun dibalik bau yang ditimbulkan petai tersebut, ternyata terkandung manfaat yang berguna bagi kesehatan.

Pete mengandung 3 macam gula alami yakni sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Kombinasi tersebut yang mampu memberikan dorongan tenaga instant. Riset membuktikan dua porsi pete mampu memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit, bahkan yang menakjubkan buah pete ini juga banyak dimakan oleh para atlet, karena selain memberikan energi, pete juga mampu mencegah dan mengatasi beberapa macam jenis penyakit dari kondisi buruk.

pete-petai-kupas1

Beberapa khasiat yang dimiliki buah pete adalah diantaranya seperti berikut ini :

1.Depresi

Pete mengandung tryptophan sejenis protein yang dapat diubah tubuh menjadi serotonin yang akan membuat tubuh relax, memperbaiki kondisi perasaan yang kurang mood dan dapat membuat seseorang lebih bahagia..Menurut survei dilakukan diantara pasien yang menderita depresi telah merasa lebih baik setelah memakan pete.

2.Anemia

Pete memiliki kandungan zat besi tinggi, sehingga dapat menstimulasi atau memberikan dorongan produksi sel darah merah dan mebantu apabila terjadi anemia

3. Tekanan Darah Tinggi

Buah pete juga memiliki sangat tinggi kalium, tetapi rendah garam, sehingga sangat membantu untuk menjaga kondisi tekanan darah.Bahkan dengan tingginya kandungan kalium tersebut FDA Amerika sebuah departemen membidangi kesehatan menginzinkan perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi mengenai kemapuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.

4. Premenstrual Syndrome (PMS)

Bagi wanita yang pada saat tamu bulanan datang, Anda tidak perlu minum bermacam-macam pil, cukup dengan makan pete yang mengandung vitamin B6 ini dapat mengatur kadar gula darah yang dapat membantu mood. Vitamin B6 atau disebut juga pyridoxine sangat penting untuk mengurai karbohidrat, protein dan lemak, juga berperan dalam pembentukan sel darah. PMS ini merupakan suatu gejala yang biasanya terjadi selama 1-2 minggu sebelum haid, setelah haid datang syndrome ini akan berangsur hilang, ini disebabkan faktor hormonal, yaitu ketidakseimbangan antara hormon estrogen dan progesteron. Berdasarkan pengalaman yang terjadi ada sekitar 150 gejala yang biasanya dialami dari perut kembung, sakit kepala, pembengkakan payudara, kelelahan, depresi, jerawat, mudah tersinggung, mudah marah, cemas dan masih banyak lagi gejala lainnya.

5. Kemampuan Otak

Riset telah membuktikan bahwa buah pete yang memiliki kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar bagi siswa untuk semakin konsentrasi, hal ini yang pernah terjadi di Twickenham.

6. Sembelit

Pete memiliki juga kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat membantu proses pencernaan. Serat dapat mencegah berbagai penyakit diantaranya adalah :

  • Memperlancar buang air besar/mengurangi sembelit.
  • Menurunkan kolestrol dan mencegah pengerasan pembuluh darah jantung.
  • Bermanfaat mempertahankan berat badan, mencegah kegemukan.
  • Bermanfaat mencegah kanker usus besar, karena penelitian kedokteran menemukan adanya hubungan erat antara terjadinya kanker usus besar dengan kolestrol tinggi dan rendah konsumsi serat

7. Obat Mabuk

Pete akan membantu menenangkan perut dan dengan bantuan madu akan meningkatkan kadar gula yang turun.

8. Gigitan Nyamuk

Bekas gigitan nyamuk kadang terasa gatal atau bengkak, Anda bisa menggosokan bagian dalam kulit pete pada gigitan nyamuk untuk mengatasi hal tersebut

9. Luka Lambung

Pete digunakan merawat pencernaan karena texturnya yang lembut dan halus, buah pete dapat menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi. dengan melapisi permukaan dalam lambung

10.Mengatur Suhu Tubuh

pete dianggap sebagai buah dingin yang mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi seseorang.Di Belanda kebanyakan ibu hamil selalu makan pete untuk meyakinkan agar bayi yang lahir tidak mengalami suhu yang tinggi.

11.Untuk Saraf

Pete mengandung vitamin V dalam jumlah besar, sehingga akan membantu sistem saraf

3 komentar:

GABY NISYA mengatakan...

artikel yang bermanfaat

Anonim mengatakan...

There is a huge variety to choose from if you think links of london outside the box with Non Diamond Wedding Rings. First option to consider is whether you want to links of london bracelet purchase white gold or yellow gold, most women have a preference and you do not want to links of london charms pick the wrong one.The decision about white or yellow gold behind you now you can links of london charms move forward to the determinations about the setting and the jewels to be placed on the hand of your future bride. Does she want to have her birthstone? Find out whichlinks of london watches month she was born in to figure out what stone is hers as each month is a different color.

Obat Stroke mengatakan...

ternyata buah petai memiliki banyak manfaat ,

Posting Komentar

KLIK AJA DEH

EIMIMO

CASH111

PAYZA

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons