Rabu, 16 September 2009

PENYAKIT JANTUNG MULAI MENYERANG KAUM MUDA

Jantung merupakan organ terpenting di dalam tubuh manusia.Jantung berdenyut tanpa henti walau kita sedang tidur sekalipun.Gangguan pada jantung dapat mengakibatkan gangguan terhadap tubuh secara keseluruhan. Ada diantara sebagian orang mengatakan bahwa penyakit jantung adalah penyakitnya orang kaya, entah benar atau tidak mungkin, memang karena hanya orang yang memiliki kelebihan uang yang mampu mengatasi atau melakukan tindakan untuk operasi jantung atau by pass, yang biayanya tidak kecil, mereka bisa harus mengeluarkan uang lebih ratusan juta untuk menyelamatkan orang yang mereka cintai, dan tidak pernah berpikir lagi tentang uang.


Saat ini penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat menakutkan, karena penyakit yang bisa mengakibatkan kematian seketika. Di Indonesia saja penyakit ini sudah dianggap penyakit nomor 1 penyebab kematian.
Sebelumnya penyakit jantung dimonopoli oleh orang tua, terutama mereka yang telah berusia 60 tahun keatas, namun sekarang ini justru ada kecenderungan juga diderita oleh orang yang berusia dibawah 40 tahun. Hal ini disebabkan dengan adanya perubahan gaya hidup, terutama pada orang muda perkotaan modern. Adanya berbagai perilaku dengan mengkonsumsi makanan yang siap saji (fast food) yang memang dikenal sangat enak dan lezat, akan tetapi banyak mengandung kadar lemak jenuh tinggi, selain itu pula seringnya kebiasaan merokok yang berlebihan, meminum minuman ber alkohol, terlau kerja berlebihan dan menimbulkan kelelahan fisik, kurangnya berolahraga dan mengalamai stress.

Ada berbagai jenis penyakit jantung, tetapi penyakit jantung yang umumnya ditakuti adalah jantung koroner, karena penyakit ini yang dapat menyerang pada orang usia produktif atau usia muda dan dapat menyebabkan serangan jantung hingga kematian yang mendadak. Apa penyebab utama penyakit jantung koroner ? hal ini disebabkan dengan adanya penyempitan dan penyumbatan pembuluh arteri koroner, sehingga peredaran darah terhalang/tersumbat yang ini disebut sistem kardiovaskuler.

Penyempitan dan penyumbatan pembuluh arteri koroner disebabkan penumpukan lemak (kolestrol,trigliserida) yang makin lama semakin bertambah dan menumpuk di lapisan terdalam (endotelium) di dinding pembuluh nadi, dengan demikian akan mengurangi atau menghentikan aliran darah ke otot jantung dan ini mengganggu kerja jantung sebagai alat pemompa darah. Faktor utama jantung koroner ini adalah kurangnya oksigen yang tersedia masuk ke jantung, karena aliran darah ke jantung berkurang. Sistem sirkulasi darah ini tentu tidak terlepas karena sistem yang berhubungan dengan jantung, arteri, kapiler, dan vena. Pengertian dari fungsi tersebut adalah :

  • Arteri adalah saluran darah yang berfungsi untuk menghantarkan darah dari jantung ke seluruh tubuh.
  • Vena adalah saluran yang akan membawa kembali darah ke jantung.
  • Kapiler adalah saluran darah halus yang menghubungkan mikro arteri dan mikro vena, yang merupakan cabang-cabang kecil dari keduanya.

    Faktor utama selain kelainan bawaan yang bisa menjadi penyebab penyakit jantung antara lain :
    1. Kadar lemak darah (kolestrol) yang tinggi
    2. Tekanan darah tinggi
    3. Merokok terlalu berlebihan selama bertahun-tahun
    4. Penyakit gula/kencing manis.
    5. Obesitas/kegemukan
    Sekarang bagaimana kita ingin mengetahui lebih dini adanya gejala gangguan jantung :
    1. Nyeri
    2. Sesak nafas
    3. Kelelahan
    4. Jantung berebar-debar
    5. Pusing dan pingsan


9 komentar:

cupu mengatakan...

wahhh serem aku kenaaaa semuaa nihhh..bakat jantuungaannnn

Unknown mengatakan...

wah serem juga
mudah-mudahan kita semua tetep sehat ya
amin

Ali Munandar mengatakan...

wah serem juga yak
mudaha2n dijauhkan dari penyakit2

YS mengatakan...

wah perlu waspada dan menjaga kesehatan sejak dini ya, mengingat usia saya juga dah mulai rentan neh. Trims sudah mengingatkan. Salam : http://arkasala.com

Alpin Andry mengatakan...

We should prevent heart disease because it is very crucial, it can make us die, keep our body health with sport, avoid overweight or obesity.

Nophie mengatakan...

iya tuh bener bgt, ga disangka n ga diduga aku juga kena, padahal umurku masih bisa dikatakan muda lah. tapi masih bisa diobati, karena lum begitu parah. huf.... gaya hidup sekarang ga sehat bgt. musti pintar2 ngejaga badan neh

Anonim mengatakan...

There is a huge variety to choose from if you think links of london outside the box with Non Diamond Wedding Rings. First option to consider is whether you want to links of london bracelet purchase white gold or yellow gold, most women have a preference and you do not want to links of london charms pick the wrong one.The decision about white or yellow gold behind you now you can links of london charms move forward to the determinations about the setting and the jewels to be placed on the hand of your future bride. Does she want to have her birthstone? Find out whichlinks of london watches month she was born in to figure out what stone is hers as each month is a different color.

aris mengatakan...

hidup mati manusia g ada yg bisa nentuin semua memang takdir tuhan,tp kita wajib usaha kan?

Obat Maag mengatakan...

penyakit Jantung memang merupakan salah satu penyakit penyebab kematian terbanyak di dunia .

Posting Komentar

KLIK AJA DEH

EIMIMO

CASH111

PAYZA

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons